Kegunaan Helm Proyek

/

 

Distributor Convex Mirror Jakarta  РHelm ialah alat yang dipergunakan untuk mengayomi kepala. Biasanya dipakai oleh mereka yang bekerja dalam lingkungan dengan resiko kemalangan fatal di kepala. Helm proyek seringkali digunakan oleh pra pekerja bangunan, sementara pembalap, militer, polisi, pengendara motor, pun menggunakan helm cocok dengan kebutuhannya.

Pengertian Helm Proyek
Dikenal pun dengan nama safety helmet. Jenis helm ini adalahhelm yang dipakai untuk mengayomi kepala siapa saja yang berada di tempat proyek pembangunan. Biasnya helm ini tercipta dari plastik dengan warna-warna cocok dengan posisi dan jabatan dari pemakainya.

Helm ini dirancang guna tahan terhadap benturan benda-benda berbahaya, tahan air, tahan terhadap api, tahan terhadap tekanan, goncangan, dan snegatan listrik. Apabila memakai helm ini bakal dapat meminimalisir resiko fatal dampak kecelakaan kerja.

Pentingnya Menggnakan Helm Proyek Saat di Lokasi Proyek
Kepala ialah bagian yang paling vital untuk manusia. Di kepala terdaat sekian banyak macam organ yang sangat urgen seperti otak, saraf pusat, mata, dan lain-lain. Cedera pada kepala dapat mengakibatkan tidak sedikit kemalangan, sepeti luka, pendarahan, gegar otak, gangguan ingatan, bahkan kematian.

Sedangkan di dalam tempat proyek pembangunan seringkal ada benda-benda berbahaya. Misal saja benda-benda keras seerti besi, batu-batuan, semen, perlengkapan pertunkagan dan lain-lain. Seringkali tidak ditaruh di tanah namun diatas, menggantung sehingga dapat berpotensi jatuh menimpa ataupun tertabrak.

Sudah tidak sedikit kejadian di dalam suatu proyek kemalangan yang menyebabkan cidera kepala. Oleh karena tersebut perlu kiranya memperhatikan supaya selalu memakai helm pengaman di tempat proyek. Pemerintah pun telah menata di dalam Peraturan Menteri Tanaga Kerja pada tahun 2010, mengenai alat pelindung diri. Di dalamnya ditata bahwa safety helmet tergolong dalam perangkat pelidung diri (APD)

Warna Helm dan Artinya
Helm proyek memiliki sejumlah jenis warna. Warna-wana tersebut tidak dapat dipakai sembarang orang, sebab setiap warna terdapat ketentuannya siapa yang berhak memakainya. Warna-warna yang seringkali digunakan sebagai warna helm royek atara lain:

1. Putih
Helm berwarna putih seringkali hanya digunakan oleh mereka yang mempunyai jabatan tinggi di proyek tersebut. Antara beda manajer proyek, mandor, arsitek dalam proyek tersebut, serta pengawas. Dari jabatan-jabatan tersebut terlihat bahwa helm putih dipakai oleh orang-orang yang mempunyai tanggung jawab tinggi di proyek tersebut.

2. Biru
Helm warna biru di proyek seringkali dikenakan untuk para kontraktor kelistrikan di sebuah proyek. Di samping itu, juga dipakai oleh supervisor lapangan dan pun operator teknis. Para operator alat-alat berat seringkali menggunkan helm biru ini, sebab mereka tergolong dalam kelompok operator teknis.

3. Hijau
Seperti warnanya hijau selalu sehubungan dengan lingkungan hidup, orang yang menggunakan warna helm hijau ialah orang yang bertugas bersangkutan kesucian lokasi proyek. Biasanaya mereka sibuk selesai lalang mencuci sudut-sudut tempat proyek.

4. Merah
Apabla diproyek tampak ada orang yang memakai helm berwarna merah, mereka ialah para petugas keselamatan. Mereka biasanya berjalan ke sana ke ayo sambil mengecek apakah alat-alat keselamatan dan prosedu keselamatan sudah terpasang dan dilakukan dengan baik.

5. Kuning
Helm proyek seringkali diidentikan dengan warna kuning ini. Sebab warna kuning seringkali paling tidak sedikit digunakan. Helm yang berwarna kuning adalahhelm milik semua pekerja atau buruh dalam proyek tersebut.

6. Oranye
Coba perhatikan, semua menteri dan presiden ketika datang ke suatu proyek tidak jarang kali helmnya berwana oranye. Bukan sebab para tokoh urgen tersebut hendak bergaya dengan warna itu, tetapi warna oranye di proyek diperuntukan untuk tamu. Dalam posisi ini semua petinggi ini dirasakan sebagai tamu dari proyek tersebut.

7. Pink
Tekadang dilapangan akan mendatangi helm berwarna pink. Warna pink diperuntukan untuk mereka yang bekerja di sana sebagai tenaga magang. Tenaga magang dibedakan supaya penugasannya tidak diserupakan dengan tenaga kuli bangunan yang kuat.

8. Coklat
Warna coklat paling jarang namun ada. Sebab warna coklat eksklusif diperuntukan untuk tukang las. Bahannya pun seringkali berbeda. Terbuat dari besi supaya tahan dari panas proses pengelasan.