Pengertian (Definisi) K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

/

 

 

 

 

Distributor Convex Mirror Jakarta – Pengertian (definisi) K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) lazimnya terbagi menjadi 3 (tiga) versi di antaranya merupakan pengertian K3 menurut keterangan dari Filosofi, Keilmuan serta menurut keterangan dari standar OHSAS 18001:2007. Berikut ialah pengertian dan pengertian K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) itu :

Pengertian (Definisi) K3 Berdasarkan keterangan dari Filosofi (Mangkunegara)

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ialah suatu pemikiran dan upaya untuk memastikan keutuhan dan kesempurnaan fisik maupun rohani tenaga kerja terutama dan insan pada lazimnya serta hasil karya dan kebiasaan menuju masyarakat adil dan makmur.

Pengertian (Definisi) K3 Berdasarkan keterangan dari Keilmuan

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ialah semua Ilmu dan Penerapannya untuk menangkal terjadinya kemalangan kerja, penyakit dampak kerja (PAK), kebakaran, peledakan dan perusakan lingkungan.

Pengertian (Definisi) K3 Berdasarkan keterangan dari OHSAS 18001:2007

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ialah semua situasi dan hal yang dapat dominan pada keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja maupun orang beda (kontraktor, pemasok, pengunjung dan tamu) di lokasi kerja.

Ketiga versi definisi K3 di atas ialah pengertian K3 yang umum (paling sering) digunakan salah satu versi-versi definisi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) lainnya.

Penerapan dan pengamalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memiliki sejumlah tujuan menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 mengenai keselamatan kerja. Tiga tujuan cocok Undang-Undang itu yakni:
1. Melindungi dan memastikan keselamatan masing-masing tenaga kerja dan orang beda di lokasi kerja.

2. Menjamin masing-masing sumber buatan dapat dipakai secara aman dan efisien.

3. Meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas Nasional.

Dari penjabaran destinasi penerapan K3 di lokasi kerja menurut Undang-Undang nomor 1 Tahun 1970 mengenai Keselamatan Kerja di atas, ada harmoni tentang penerapan K3 di lokasi kerja antara Pengusaha, Tenaga Kerja dan Pemerintah/Negara.

Sehingga di masa yang bakal datang, baik dalam masa-masa dekat ataupun nanti, penerapan K3 di Indonesia dapat dilakukan secara nasional lengkap dari Sabang hingga Merauke.

Seluruh masyarakat Indonesia sadar dan paham betul tentang pentingnya K3 sampai-sampai dapat melaksanakannya dalam pekerjaan sehari-hari baik di lokasi kerja maupun di lingkungan lokasi tinggal