Pentingnya Procurement management

/

Director signing documents with a fashion pen. high quality photo Free Photo

Organisasi yang berbeda memiliki teknik manajemen yang berbeda untuk menjalankan fungsi yang efisien dari departemen mereka. Procurement management merupakan salah satu teknik manajemen untuk memastikan barang dan jasa yang diperoleh dari organisasi berbeda dapat berjalan dengan lancar. Procurement management akan membantu organisasi untuk menghemat banyak uang yang dihabiskan saat membeli barang atau jasa.

Beberapa keuntungan yang didapat oleh organisasi yang mengadopsi manajemen pengadaan adalah mereka dapat menghemat waktu yang berharga, membantu organisasi menjalankan proses pengadaan lebih cepat dan lancar, penghematan skala besar, jaminan kualitas dalam setiap pembelian, waktu pengiriman yang efektif, pengelolaan jaminan untuk setiap pembelian, berbasis tabungan tentang efisiensi operasional, penghematan biaya tetap, transparansi, hubungan bisnis yang ditingkatkan dengan pemasok, dan sebagainya.

Procurement management bekerja di empat area kerja utama:

Kapanpun Anda ingin membeli barang atau jasa, Anda perlu mempertimbangkan apakah itu hemat biaya dan mutlak diperlukan atau tidak karena tidak semua barang dan jasa perlu dibeli dari luar.
Anda harus membuat daftar pemasok potensial yang akan memberi Anda kesepakatan terbaik untuk organisasi Anda. Gunakan kriteria pemilihan untuk memilih penyedia terbaik.
Langkah selanjutnya, Anda dapat meminta tawaran. Terakhir, Anda harus memilih pemasok mana yang Anda inginkan dengan mempertimbangkan biaya dan kriteria yang berbeda.
Setelah mengevaluasi dan memilih pemasok terbaik, Anda perlu melakukan diskusi kontrak. Sebutkan semua persyaratan pembiayaan, metode pembayaran, dan sebagainya untuk mencegah timbulnya kebingungan di kemudian hari.
Menjaga hubungan baik dengan pemasok adalah hal terpenting termasuk kesepakatan yang telah dibuat oleh kedua belah pihak. Ini akan membantu keberlangsungan bisnis Anda dan bisnis pemasok. Semua langkah ini akan membantu Anda memperoleh barang dengan mudah dan cepat.

Procurement management berkaitan dengan manajemen rantai pasokan. Untuk mengelola ketidakpastian dalam manajemen proyek, konsep manajemen rantai pasokan digunakan sebagai senjata strategis. Strategi pengadaan yang efektif dan rantai pasokan yang dikelola dengan baik memungkinkan organisasi untuk fokus pada pengembangan dan penyampaian produk dan layanan yang melebihi harapan pelanggan. Manfaat pengadaan dan layanan rantai pasokan adalah pengurangan biaya operasi, peningkatan kemampuan pengadaan, peningkatan kualitas layanan, proses yang disederhanakan dan manajemen pemasok yang efektif.

Untuk membuat proses pengadaan bekerja secara efisien, kita harus terus memeriksa dan melacak pemasok untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana dan barang atau jasa dikirim tepat waktu sesuai yang tertulis di kontrak. Adalah baik untuk menjaga komunikasi yang baik dengan pemasok dan memberi tahu mereka jika ada masalah dengan menggunakan metode komunikasi yang diputuskan dalam kontrak sebelumnya. Organisasi harus siap berubah untuk memastikan efisiensi proses. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, organisasi harus memiliki tim yang terdiri dari individu-individu yang sangat terampil dan terlatih yang berspesialisasi dalam berbagai bidang karena beberapa akan berurusan langsung dengan pemasok. Setiap tim akan memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk menangani bidang pembelian yang relevan.